Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Rabu, 23 Februari 2011

Manusia dan Cinta Kasih



Manusia adalah makhluk yang disebut "the creature perfect" manusia adalah makhluk sempurna. yang diciptakan maha kuasa dengan sempurna karena mempunyai akal fikiran dan cinta kasih. Maka begitu eratnya hubungan manusia dan cinta hingga tak bisa di pisahkan. Cinta memang sesuatu yang pasti dimiliki oleh manusia, maka tidak mungkin ada manusia tidak memliki cinta apalagi cinta terhadap pasangan. Oleh karena itu marilah kita ulas mengenai pengertian Cinta terlebih dahulu.

Pengertian Cinta Kasih
Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata Kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Pengertian tentang cinta juga diungkapkan oleh Dr. Salito W. Sarwono dalam artikel yang berjudul Segitiga Cinta, bukan cinta segitiga. Dikatakan bahwa cinta yang ideal memiliki 3 unsur yaitu keterikatan, keintiman, kemesraan.
- Keterikatan yaitu adanya perasaan untuk hanya bersama orang yang dicintai, segala prioritas hanya untuk dia.
- Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa tidak ada jarak lagi, sehingga panggilan formal digantikan dengan sekedar memanggil nama, atau sebutan lain seperti lain seperti sayang, makan/minum dari satu piring/cangkir, tidak saling menyimpan rahasia, dst.
- Kemesraan yaitu rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kengen apabila jauh atau lama tidak bertemu, ucapan-ucapan yang mengatakan sayang, saling mencium, merangkul, dsb.
Setelah diberikan uraian tentang cinta sejati oleh tiga ahli di atas, berikut ini akan dijelaskan masalah kasih. Telah dikemukakan bahwa kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasih.

Pengertian cinta yang dikemukakan oleh Dr. Abdullah Nasih Ulwan, dalam bukunya manajemen cinta. Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut dan kasih sayang.
Di dalam kitab suci Al-Qur’an, ditemui adanya fenomena cinta yang tersembunyi di dalam jiwa manusia. Cinta memiliki tiga tingakatan : Tinggi, menengah dan rendah. Tingkatan cinta tersebut diatas adalah berdasarkan firmn Alloh dalam surah At-Taubah ayat 24 yang artinya :
Katakanlah : jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai; adalah lebih kamu cintai dari pada Allah dan Rasulnya dan berjihad di jalannya,maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusannya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.
Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah dan berjihad di jalan Allah. Cinta tingkat menengahh adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal.

Menurut saya pribadi, cinta kasih merupakan nikmat yang di berikan Allah kepada kita dan itu memberikan suatu kesempurnaan bagi kita manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Seperti Keterangan di atas cinta kasih memang dapat di tujukan kepada siapa saja kepada keluarga, teman, sahabat ataupun kekasih. Sedemikian hebatnya cinta kadang bisa membuat kita lupa dan lalai di buatnya, kadang karena cinta kita dapat melakukan hal-hal yang tidak di ridhai Allah SWT, tentu kita harus menghindari hal-hal yang tidak di ridhai Allah SWT dengan kembali ke hakikat cinta kasih yang sejati yaitu hanya kepada Allah SWT, bagaimanapun cinta kita terhadap makhluk tidak boleh melebihi cinta kita kepada Allah SWT.
Cinta kasih memang tak bisa di pisahkan dari hidup kita, oleh karena itu harus kita jaga cinta kasih itu dengan baik agar cinta kita tidak melebihi batas-batas yang tidak di perbolehkan, jangan sampai cinta kasih itu menjadi bercampur dengan nafsu yang berlebihan sebab cinta yang sejati dan yang paling tinggi itu hanya cinta kita kepada Allah SWT. Cinta itu merupakan sesuatu yang indah maka janganlah merusak hakikat cinta itu sendiri.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments:

 
Tips Tricks And Tutorials