Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Senin, 12 Maret 2012

PENGENALAN WEBSITE


Di zaman yang serba teknologi ini, kita  dapat mendapatkan informasi maupun bertukar informasi lewat jaringan internet melalui website atau media lainya. Website adalah salah satu suatu media yang dapat menyebarkan informasi, yang dapat membantu kita dalam mencari atau memperoleh informasi. Kita akan mengenal lebih jauh mengenai website yang akan di uraikan pada tulisan dibawah ini :

A. SEJARAH MENGENAI WEBSITE

Pada awalnya website pertama kali ditemukan pada saat  Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee mengusulkan suatu protokol sistem distribusi di internet yang digunakan untuk pertukaran informasi di internet diantara para fisikawan.  Ketika  Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa atau yang dikenal dengan CERN (Consei European pour la Recherce Nuclaire) yang berada di kota Genewa, Swiss. Kemudian, situs web pertama kali diluncurkan pada tanggal 6 Agustus 1991 dengan situs http://info.cern.ch/.

Kemudian pada tanggal 30 April 1993, situs WWW (World Wide Web) dinyatakan sebagai situs yang bisa digunakan secara gratis atau free. Sebuah website ditulis dengan menggunakan format HTML(Hyper Text Markup Language). HTML merupakan kode yang menginstruksikan suatu browser untuk menghasilkan sesuai dengan keinginan pembuatnya. Pada bulan September 1994, “Tim” mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) yang merupakan organisasi international utama yang mengurus tentang standar dari website yang ada sekarang.

B. ARSITEKTUR WEBSITE

Arsitektur Website dapat diartikan menjadi suatu istilah yang digunakan dalam disiplin intelektual mengatur konten website. Dan ada juga istilah ”Web desain”, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan desain grafis dan pencetakan. Tetapi hubungan antara editorial dan kegiatan produksi lebih dekat untuk publikasi web daripada untuk penerbitan cetak.
Jika diklasifikasikan terdapat tiga standar utama dalam penerapan web services. Dari standar-standar ini mendukung pertukaran data yang berbasis XML. Ketiga standar tersebut yaitu SOAP, 
WSDL, dan UDDI. Dibawah ini diuraikan secara singkat: 

SOAP ( Simple Object Access Protocol )
Protokol ini mendukung proses pengkodean data (biasanya XML) dan transfernya melalui HTTP (Hyper Text Transfer Language). Dalam konteks web services, SOAP merupakan suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar. SOAP membuat klien web service dapat memilih beberapa parameter mengenai permintaannya dan memberikannya kpd si penyedia. Ketika penyedia menganggapi permintaan tersebut, maka terjadilah web services.

WSDL ( Web Services Description Language )
Merupakan bahasa berbasis XML yang menjelaskan fungsi-fungsi dalam web services. WSDL menyediakan cara untuk memanfaatkan kapabilitas web services. WSDL memberi tahu mesin lain bagaimana memformat/ menterjemahkan permintaan yang diterima berikut respon mereka agar proses web service bisa berjalan. Singkatnya, WSDL merupakan bahasa yang memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.

UDDI (Universal Description Discovery and Integration )
Merupakan semacam direktori global untuk mengelola web services. Fungsinya mirip dengan Yellow Pages untuk versi web services. UDDI berisi informasi tentang penawaran atau layanan apa yang ditawarkan perusahaan berikut dengan detil teknis bagaimana cara mengaksesnya. Inforamsi tersebut ditulis dalam bentuk file-file WSDL.

C. JENIS-JENIS WEB

Seiringan dengan perkembangan teknologi informasi, dunia website mengalami perkembangan yang sangar pesat. Pengelompokan jenis web, diklasifikasikan berdasarkan kepada fungsi ,sifat atau style dan bahasa pemograman yang digunakan.

Jenis -jenis web berdasarkan sifat dan stylenya:
Website dinamis ,merupakan sebuah website yang menyediakan pemograman yang digunakan antara lain PHP, ASP, .NET dan memanfaatkan database My SQL. Misalnya website www.artikel-it.com, www.detik.com dan lain-lain.
Website statis, merupaka website yang kontennya sangat jarang diubah . Bahasa Pemograman yang digunakan yaitu HTML dan belum menggunakan database, Misalnya web profil organisasi, dan lain-lain.

Berdasarkan pada fungsinya , website terbagi atas :
Personal website, website yang berisi informasi pribadi seseorang.
Commercial website, website yang imiliki oleh sebuah perusahaan yang bersifat bisnis
Government website, website yang dimiliki oleh instansi pemerintah, pendidikan yang bertujuan memberikan pelayanan kepada pengguna
Non-profit Organzation website, dimiliki oleh organisasi yang bersifat non-profit atau tidak bersifat bisnis.

Ditinjau dari segi bahasa pemograman yang digunakan , website terbag atas :
Server side, merupakan website yang menggunkan bahasa pemograman yang tergantung kepada tersedianya sever sperti PHP,ASP,.NET dan lain sebagainya. Jika tidak ada server website yang dibangun menggunakan bahasa pemograman diatas tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya.
Cline Side, merupakan website yang tidak membutuhkan server dalam menjalankan , cukup diakses saja,misalnya HTML.

D. MACAM-MACAM PEMROGRAMAN WEB

Dalam pembuatan web, kita tidak akan terlepas dari bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan intruksi-intruksi standar untuk memerintah komputer.
Berikut penjelasan tentang bahasa pemrograman apa saja yang biasa digunakan untuk membuat website :

1. Bahasa Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) merupakansebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.

2. Bahasa Pemrograman PHP
PHP merupakan bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

3. Bahasa Pemrograman ASP
ASP yaitu singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting

4. Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.
XML merupakan  metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

5. Bahasa Pemrograman WML
WML yaitu kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel

6. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

7. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.

8. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

9. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) merupakan bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments:

 
Tips Tricks And Tutorials