Kelompok 3 :
Jamaludin Iqbal
Andri Hanafi
Wenni Wisnu
Haris Anggara
Ryan
PRINT
Menyampaikan pesan
Desain grafis disajikan untuk target penonton melalui berbagai media
dari selebaran untuk poster dan website. Dengan demikian, bab ini menunjukkan
bagaimana pesan yang berbeda-beda disampaikan dengan menggunakan teknik “luas
array”, alat dan metode. Ini terlihat pada hasil akhir dari proses desain dan
pekerjaan yang melihat, seringkali masyarakat umum berinteraksi.
Bab ini berfokus pada berbagai platform bahwa desainer miliki cara
mereka sendiri untuk memberikan pesan yang kuat dan spesifik - dari cetak dan
layar sampai dengan desain lingkungan dimana sepotong sebenarnya bentuk bagian
dari lingkungan fisik.
Percetakan adalah istilah kolektif yang mengacu pada berbagai metode
yang digunakan untuk menerapkan tinta ke substrat seperti mengimbangi
litografi, layar-percetakan, gravure, letterpress, panas-logam, lino cut,
termografi, ink-jet dan laser pencetakan. Metode ini memungkinkan teks dan
gambar yang akan dicetak pada berbagai substrat dari kertas dan karton, untuk
keramik dan tekstil.
Percetakan adalah sebuah proses yang banyak digunakan untuk
memproduksi buku, majalah dan publikasi lainnya. Berbagai proses pencetakan
yang berbeda tersedia memberikan desainer berbagai fleksibilitas dalam selesai,
yang dapat diperoleh dalam produk akhir dan memungkinkan untuk mencetak.
Selain menempatkan tinta pada stok, proses yang berbeda juga dapat
memberikan pekerjaan karakteristik lain yang dihasilkan dari proses itu
sendiri. Sebagai contoh, tekanan yang digunakan oleh proses letterpress
meninggalkan lekukan halus di stok dan menyebabkan Perbedaan halus pada jumlah
dalam tinta yang disimpan ke stok. Thermography dan layar-cetak produk karakter
yang memiliki permukaan sedikit terangkat. Semua proses ini menambahkan elemen
taktil untuk desain. Proses pencetakan sering diabaikan ketika Pekerjaan sedang
dirancang untuk cetak, tetapi desainer suatu keharusan memperhitungkan proses
pencetakan untuk memastikan bahwadampak visual dioptimalkan.
Cara tinta yang berbeda mencetak dalam standar empat warna proses
pencetakan dapat diubah untuk menghasilkan efek visual yang berbeda, seperti
pada teknik overprinting, surprinting dan penambahan dari shiners. Proses cetak
yang dipilih untuk pekerjaan dan bagaimana hal itu ditentukan memiliki dampak
besar pada biaya pekerjaan dan jadwal produksinya. Kreatif penggunaan Proses
cetak berarti bahwa seorang desainer dapat mengatasi beberapa pembatasan
keterbatasan anggaran, yang dapat membatasi pekerjaan untuk memiliki dua warna
daripada empat. Pemilihan metode pencetakan ditentukan oleh beberapa faktor,
meskipun untuk sebagian besar pekerjaan yang paling penting mencetak biaya dan
oplah kuantitas. Setiap metode pencetakan telah tertentu membatasi
karakteristik yang berbeda dari proses ke proses. Ini dapat mempengaruhi
kecepatan pencetakan, jumlah warna dicetak, jenis kertas saham dan kertas
format atau ukuran.
Komunikasi internal
Selain berkomunikasi dengan dunia pada
umumnya, banyak perusahaan dan organisasi juga menghasilkan berbagai komunikasi
internal untuk mereka karyawan, baik di media cetak dan format web. Di sini,
target audiens sudah memiliki pemahaman tentang produk dan budaya organisasi
menerbitkan komunikasi. Akibatnya, konten yang disajikan terhadap karyawan '
perspektif sehingga mereka merasa dilibatkan dalam perdebatan tentang arah dan kemajuan
entitas. Publikasi seperti itu sering dapat mencakup lebih teknis Informasi.
DIRECT MAIL
Direct mail adalah bentuk pemasaran yang mencoba untuk menyajikan konsumen
potensial dengan pesan mengenai
produk atau jasa tertentu dan bukan hanya meningkatkan profil merek, yang
merupakan tujuan iklan. Direct mail dapat di cetak atau elektronik membentuk
dan keduanya dikirim 'langsung' ke pengguna akhir untuk memperoleh respon untuk
membeli produk atau jasa tertentu Komunikasi langsung Pemasaran dan pesan iklan
untuk merek umumnya meningkatkan profilnya, sedangkan direct mail bertujuan
untuk mengarahkan konsumen untuk membeli tindakan tertentu. Untuk Misalnya,
iklan Apple mendukung keseluruhan pendekatan penciptaan produk, sedangkan yang
direct mail menginformasikan konsumen tentang produk baru dan aksesoris bahwa
mereka dapat membeli.
Komunikasi Langsung
Pemasaran dan pesan iklan untuk merek
umumnya meningkatkan profilnya, sedangkan direct mail bertujuan
untuk mengarahkan konsumen untuk membeli
tindakan tertentu. untuk
Misalnya, iklan Apple mendukung keseluruhan pendekatan penciptaan produk, sedangkan yang direct mail menginformasikan konsumen tentang produk baru dan aksesoris
bahwa mereka dapat membeli. Direct mail memiliki dua bentuk umum: email HTML
yang dapat mengklik ke website atau situs mikro, dan komunikasi dicetak disebut mailouts 'pintu drop'. Keduanya biasanya ditargetkan menggunakan demografi konsumen informasi yang dihimpun dari bentuk umpan balik, registrasi produk bentuk, kompetisi, pelanggan
layanan bentuk dan metode yang serupa lainnya yang memiliki telah disusun dan dijual kepada perusahaan pemasaran.
Misalnya, iklan Apple mendukung keseluruhan pendekatan penciptaan produk, sedangkan yang direct mail menginformasikan konsumen tentang produk baru dan aksesoris
bahwa mereka dapat membeli. Direct mail memiliki dua bentuk umum: email HTML
yang dapat mengklik ke website atau situs mikro, dan komunikasi dicetak disebut mailouts 'pintu drop'. Keduanya biasanya ditargetkan menggunakan demografi konsumen informasi yang dihimpun dari bentuk umpan balik, registrasi produk bentuk, kompetisi, pelanggan
layanan bentuk dan metode yang serupa lainnya yang memiliki telah disusun dan dijual kepada perusahaan pemasaran.
DESAIN
INFORMASI
Sebuah desain
memiliki peranan penting dalam efektivitas komunikasi pada suatu informasi.
Seperti yang kita ketahui, desain dapat mengkomunikasikan informasi secara
spesifik dan penguasaan ilmu mengenai hal ini dapat diklasifikasikan sebagai
desain informasi. Desain informasi meliputi siasat desain yang mampu menyebarkan
informasi secara tepat ke dalam bagian yang lebih terperinci.
Fokus
terhadap ketelitian
Banyak desain
yang memiliki kekurangan pada informasi umum, yang dapat menimbulkan keambiguan
(ketidakpastiaan). Desain informasi ditujukan untuk mengkomunikasikan informasi
secara spesifik dan pesan yang detail seperti bagaimana cara pemasangan
furniture, penduplikasian obat, tanggal, waktu dan lokasi dari sebuah event,
bagaimana cara menginstal software di komputer, atau cara menyeimbangkan
pembayaran kartu kredit. Desain dalam kondisi tersebut lebih menekankan
terhadap kunci dari sebuah informasi untuk menghindari dari
keragu-raguan/ambigu.
Dalam
sebuah desain invoice atau faktur penjualan memiliki perbedaan ukuran teksnya
dikarenakan untuk menetapkan sebuah penawaran atau pengaturan teks dengan
membedakan warna background-nya
antara hutang dan pendapatan. Diagram sering digunakan dalam komunikasi lebih baik dibanding menggunakan kata-kata, itu
sebabnya mengapa instruksi sebuah proses menambahkan gambar atau beberapa
ilustrasi lainnya. Ini juga dapat dijadikan alas an dalam penggunaan bill menambahkan grafik konsumsi melalui
para konsumen untuk melihat perbandingan konsumsi tiap bulannya.
Ikon
Grafik elemen yang mewakili sesuatu
yang lain dengan mengurangi sesuatu dengan
karakteristik yang sederhana dan langsung diakui. Logo Sebuah simbol grafis yang dirancang untuk mewakili karakter perusahaan, produk, layanan
atau badan lainnya, seperti raksasa panda digunakan oleh World Wildlife Fund. Logotype
Logo tipe
berfungsi dengan benar mengidentifikasi organisasi yang mereka lihat - logo juga merinci
nama perusahaan. Karakter
digunakan dan
ditata sedemikian rupa untuk memberikan indikasi kekuatan perusahaan atau
budaya.
Pengemasan
Kemasan adalah substrat yang mencakup dicetak
komunikasi, yang juga melakukan
fungsi lain seperti memegang dan melindungi isinya dari
kerusakan, perubahan suhu atau
cahaya. Pengemasan desain adalah bidang spesialis yang mencakup pemasaran, penggunaan dua dan tiga
dimensi ruang, dan
penempatan item dalam
lingkungan penjualan.
Kepraktisan dan Estetika
Kemasan dapat memberikan jenis
perlindungan yang berbeda
isinya,
termasuk perlindungan fisik
dan isolasi. Berbagai bahan yang berbeda dapat
digunakan untuk
kemasan, tapi
murah, bahan ringan adalah
paling sering
digunakan karena kepraktisan mereka. Mereka juga
mengurangi
biaya yang berkaitan dengan transportasi dan distribusi produk. Desain kemasan untuk lingkungan konsumen tidak hanya perlu mempertimbangkan apa
produk terlihat
seperti individual, tetapi juga apa yang visual kolektif Pernyataan akan menjadi beberapa item di rak. Itu lingkungan ritel sangat kompetitif dan pengecer cenderung untuk menghapus baris yang tidak menjual cukup tinggi kuantitas. Di supermarket, misalnya, merek dan kemasan mereka harus bekerja sangat keras untuk mengalahkan kompetisi dan penjualan aman.
seperti individual, tetapi juga apa yang visual kolektif Pernyataan akan menjadi beberapa item di rak. Itu lingkungan ritel sangat kompetitif dan pengecer cenderung untuk menghapus baris yang tidak menjual cukup tinggi kuantitas. Di supermarket, misalnya, merek dan kemasan mereka harus bekerja sangat keras untuk mengalahkan kompetisi dan penjualan aman.
Kemasan juga tunduk pada berbagai kasus hukum,
industri dan masyarakat konvensi.
Misalnya, kemasan makanan harus mengandung informasi gizi
karena akan memproyeksikan
citra merek dan target konsumen
yang mencari kualitas, keamanan dan kehandalan.
Ini berarti beberapa konsumen mungkin kurang menerima desain eksperimental karena mereka memiliki yang kuat persepsi tentang apa produk makanan harus terlihat seperti.
Mengingat dampak yang dramatis bahwa kemasan dapat miliki, itu adalah bidang desain di mana kreativitas yang besar dapat dilihat dalam jawaban yang relatif langsung tantangan melindungi dan menyajikan produk.
Ini berarti beberapa konsumen mungkin kurang menerima desain eksperimental karena mereka memiliki yang kuat persepsi tentang apa produk makanan harus terlihat seperti.
Mengingat dampak yang dramatis bahwa kemasan dapat miliki, itu adalah bidang desain di mana kreativitas yang besar dapat dilihat dalam jawaban yang relatif langsung tantangan melindungi dan menyajikan produk.
Retail Lingkungan
Sebuah tempat atau lokasi perdagangan
yang bisa berfungsi sebagai ruang kreatif -
dapat dimanfaatkan oleh desainer untuk menyampaikan pesan kepada konsumen.
DESAIN LAYAR
Desain layar adalah setiap pesan atau
komunikasi yang pada akhirnya disampaikan pada, atau melalui, antarmuka layar.
Ini bisa menjadi layar komputer, Blackberry, asisten data pribadi, atau sejenis
elektronik perangkat. Desain layar telah berbeda dengan pertimbangan fisik dari
desain yang dicetak.
Perubahan teknologi
Seiring kemajuan teknologi, perangkat
cenderung mendapatkan lebih kecil, lebih kompleks, lebih terintegrasi dengan
peralatan lainnya dan muncul dalam berbagai besar aplikasi. Misalnya, antarmuka
layar telepon sekarang dapat tampilan album musik mencakup dalam warna, yang
jauh lebih kecil dari 12 inci cetak yang disertai rekaman.
Perubahan teknologi diterima oleh
sebagian orang dan ditentang oleh orang lain. Melanjutkan dengan tema musik,
resistensi terhadap penggunaan CD di tempat desain banyak karena ruang yang
lebih kecil menyediakan untuk menyajikan desain. Ukuran desain sekarang , semakin dipengaruhi oleh real
pixel - yang terbatas jumlah piksel yang
dapat menempati desain. Masing-masing pengurangan ukuran berarti bahwa
tata letak, jenis dan gambar terdiri dari desain harus bekerja lebih keras
untuk berkomunikasi dan menyajikan secara jelas diidentifikasi pesan. Untuk
mengatasi dengan ukuran yang lebih kecil, font yang dimiliki telah
disederhanakan sehingga dapat dengan mudah dibaca, dan gambar harus cukup kuat
untuk menahan tuntutan dari berbagai media untuk ditampilkan.
Teknologi juga membawa lebih besar
dan lebih luas array dari alat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah
ini. Layar dapat menampilkan gamut warna meningkat pada resolusi meningkat, ini menyederhanakan seorang desainer tugas dan
memperluas berbagai kemungkinan kreatif. Bahkan panel display relatif dasar
terbukti efektif, seperti panel informasi di bandara, stasiun kereta api dan bus terminal. Hal
ini semakin umum untuk seperti menampilkan berada dalam warna penuh dan bukan
hanya sebuah array cahaya putih lampu kuning atau karakter seperti di masa lalu. Namun, meskipun
layar mungkin dapat menampilkan berbagai warna pada resolusi yang berbeda, itu
adalah penting untuk membuat desain yang menyediakan pesan yang jelas untuk tujuan
yang dimaksudkan, yang mungkin berarti bekerja dengan baik dalam batas-batas
teknologi dari khususnya layar atau sistem.
Grafis
televisi
Televisi adalah sesuatu
ketidaklaziman dalam grafik dunia desain. Sementara itu adalah media visual,
ada beberapa desain lembaga multidisiplin yang berkerja untuk menghasilkan
bentuk desain televisi yang lebih tradisional. Itu pengecualian, bagaimana pun.
Desain grafis memberikan kontribusi
jelas pada daerah atau kegiatan dalam produksi televisi yang cenderung memiliki
konten grafis yang tinggi, seperti pembukaan dan penutupan kredit dari
pertunjukan. Secara tradisional, isi dari program TV berada di antara kredit
tanpa intervensi grafis, dengan program diselingi oleh iklan dan Stasiun
idents, seperti yang digunakan oleh BBC di Inggris sejak tahun 1950-an.
Idents, atau identifikasi saluran,
adalah pendek lima sampai sepuluh detik urutan yang menunjukkan penonton yang
menyalurkan mereka menonton. Ini mungkin dikombinasikan dengan penguatan merek
dan promosi.
Konten grafis di TV mulai meningkat dengan meningkatnya popularitas MTV pada 1980-an, yang ditandai dengan penggunaan berulang inovatif dan kreatif stasiun idents, dan lainnya di layar grafis elemen dan gambar bergerak.
Perkembangan teknologi telah memfasilitasi penggunaan grafis dalam produksi TV dan film, memimpin untuk pengembangan lembaga yang mengkhususkan diri dalam perusahaan penciptaan. Contohnya adalah Angkatan Imajiner, hiburan dan perusahaan desain berbasis di Hollywood dan New York. Pasukan Imajiner adalah memimpin eksponen grafis untuk film dan memiliki daftar kredit film, termasuk Jim Carrey Film Nomor 23 (2007).
Idents
Sebuah film singkat atau urutan gambar yang mengidentifikasi saluran atau stasiun bahwa pemirsa televisi adalah menonton. Biasanya dijalankan antara program, idents telah menjadi bagian yang semakin kreatif dan bentuk merek channel identitas.
Sebuah film singkat atau urutan gambar yang mengidentifikasi saluran atau stasiun bahwa pemirsa televisi adalah menonton. Biasanya dijalankan antara program, idents telah menjadi bagian yang semakin kreatif dan bentuk merek channel identitas.
Desain Website
Website telah menjadi visual yang
tidak terpisahkan alat komunikasi bagi perusahaan, organisasi, dan individu
untuk berkomunikasi dengan audiens target mereka. Website dapat menampilkan
produk dan jasa, dan memberikan up-to-date informasi tentang berita
dan acara.
dan acara.
Apa gunanya?
Ini adalah pertanyaan yang perlu
diingat ketika mengembangkan website sebagai portofolio online melayani berbeda
tujuan dari satu informasi yang menyajikan berita dan peristiwa. Sebelum
pengembangan awal website, itu adalah penting untuk menentukan tujuan dan
mempertimbangkan siapa target pengguna. Bagaimana pengguna menggunakan Website?
Apa pesan / informasi kebutuhan menjadi disampaikan? Apakah ada persyaratan
teknologi atau kendala?
Siapa target pengguna?
Target pengguna mempengaruhi semua
aspek desain website, dari penyajian informasi untuk navigasi.
Bagaimana
pengguna menggunakan website?
Jelas navigasi mekanisme perlu ada
dalam sebuah situs sehingga sangat penting untuk diingat pengalaman dan latar
belakang dari target pengguna. Penggunaan Internet mesin pencari berarti
pengguna tidak akan selalu masuk dari halaman rumah.
Apa pesan yang ingin disampaikan?
Hal ini penting untuk menentukan apa
yang Anda berharap seseorang akan ingat setelah mengunjungi sebuah website.
Bersikaplah konsisten dan menyediakan unsur-unsur pesan di setiap halaman. Jika
perusahaan ingin memproyeksikan rasa ketertiban dan otoritas, maka ini harus
disampaikan di halaman tata letak dan struktur.
Persyaratan / kendala Teknologi
Pengekangan teknologi sering
terlihat sampai dihadapi dan mungkin tidak mudah untuk menyelesaikan. Sebagai
contoh, beberapa pengguna mungkin memiliki peralatan PC tua dan yang tidak bisa
menangani dial-up akses Internet yang besar, resolusi file grafis tinggi,
animasi atau elemen kompleks desain digital lainnya.
Lingkungan Desain
Desain di lingkungan termasuk informasi dan directional signage, ruang
pameran dan outdoor media atau iklan. Ini meliputi desain semua komponen yang
ada dalam lingkungan di sekitar kita. Meskipun kebanyakan desain adalah seperti
untuk cetak dan desain digital, desain lingkungan memiliki beberapa perbedaan
yaitu ruang yang berbeda dan beberapa pertimbangan khusus.
Desain dan bentuk manusia
Perbedaan utama dalam desain lingkungan adalah hubungan yang saling
berkaitan dengan bentuk manusia. Desain lingkungan cenderung menggunakan format
yang lebihbesar dan harus berinteraksi dengan praktis struktur fisik.
Spasi bukan halaman
Ini berarti bahwa seorang desainer perlu mempertimbangkan bagaimana orang
berinteraksi dengan ruang dan elemen fisik. Merancang untuk ruang tidak berbeda
dengan merancang untuk halaman dicetak – dalam kedua kasus desain menceritakan sebuah
cerita, menciptakan kesan, atau bermerek pengalaman. Namun, ruang memiliki
perbedaan yang jelas karena transisi ke
ketiga dimensi dan perubahan skala.
Signage and wayfinding
Desain intervensi dalam lingkungan fisik meliputi signage dan wayfinding.
Wayfinding adalah kunci visual yang memungkinkan orang untuk menavigasi melalui ruang
dengan menyediakan informasi untuk membantu mereka menemukan cara bekerja
bagaimana mereka bisa sampai ke tujuan yang mereka inginkan. Signage
menggabungkan semua informasi visual
yang berkaitan dengan lokasi dan merupakan manifestasi wayfinding.
Jenis-jenis tanda
Ada tanda-tanda yang
berbeda dibagi menjadi dua kategori dasar: yaitu yang kita perlu melihat (api
keluar, rute evakuasi dan tidak ada tanda-tanda-merokok),dan mereka yang kita
ingin melihat (toilet, eskalator dan di mana toko yang berbeda berada). signage
menggunakan warna dan skala untuk membedakan antara kedua Kategori: hal-hal
yang perlu kita lihat cenderung memiliki skala yang lebih besar, harus tegas
berwarna dan ditempatkan di lokasi yang menonjol . Signage yang menuntun kita
untuk tujuan lain mungkin memiliki skala halus dan pewarnaan.
Media Luar Ruang
Signage muncul dalam berbagai media luar ruang seperti sebagai billboard
dan sisi bus, kereta api dan taksi. Setiap media yang berbeda menyajikan desain
sendiri tantangan dalam hal skala dan waktu pemaparan.
Skala
Media luar ruang memiliki berbagai skala – dari ukurannya yang relatif kecil dari taksi ke
Media luar ruang memiliki berbagai skala – dari ukurannya yang relatif kecil dari taksi ke
48-panel
billboard (atau lebih besar). Skala daerah aktif mempengaruhi jumlah dan ukuran
konten
yang akan ditampilkan di atasnya
Waktu Pemajanan
Tidak semua media outdoor stasioner dan ini berarti mereka mungkin
terkena pemirsa untuk waktu yang terbatas.Bila komunikasi yang akan ditampilkan
sebagai ponsel media, seperti poster di bus atau taksi, seharusnya fokus pada
menciptakan kesan yang tak terlupakan yang agak daripada memberikan informasi
rinci ekstensif. Untuk alasan ini, media luar ruang desain cenderung untuk
memasukkan gambar mencolok teks, minimal dan mungkin hanya merek dan slogan.
Hal ini juga berlaku untuk media tetap di mana orang cenderung untuk menjadi
mobile, seperti poster ditampilkan di stasiun kereta api dan sepanjang pinggir
jalan.dilokasi di mana orang akan diam, akan ada ditingkatkan waktu pemaparan,
dan ini memungkinkan untuk masuknya informasi lebih rinci. Banyak iklan di
dalam sistem transportasi perkotaan fitur teks rinci sebagai penumpang akan
memiliki waktu dan kecenderungan untuk membaca mereka dalam perjalanan mereka.
Desain Dari Pameran Design Now Austria
Desain
dari pameran ini adalah mengajak seseorang untuk masuk ke lingkungan tiga
dimensi yang lebih baik dari pada hanya melihat objek yang tertata dengan baik.
Interaktif, dukungan material, website, narasi, dan semua struktur memberikan
kontribusi yang kuat dan pendekatan yang stabil sehingga pameran desain ini
lebih menarik bagi publik, desain pameran ini juga memfasilitasi proses belajar
dan memberikan pengetahuan. Baik perencanaan pameran maupun desain yang
ditampilkan dimulai dengan menampilkan informasi yang jelas tentang objek yang
ditampilkan serta apa pesan inti dari pameran yang ditampailkan tersebut, yaitu
dengan cara menyampaikan narasi untuk memilhara kehebatan dari keseluruhan
pameran.
Pameran ini Bukanlah Buku yang Terdapat pada Dinding
Pameran
biasanya didukung dengan hadirnya material cetak dalam kasus ini adalah teks
keterangan yang ditampilkan pada lingkungan pameran. Sangat tidak mungkin
mengharapkan pengunjung dapat menyerap informasi ketika mereka membaca buku
pada sebuah ruangan yang memiliki gangguan suara (seperti suara langkah kaki
dari pengunjung atau kebisingan), karena hal tersebut membuat seseorang sulit
untuk berkonsentrasi. Materi pameran yang dibuat dengan hebat dibutuhkan agar
dapat menyaring pesan menjadi bentuk yang dapat dimengerti dengan mudah dan
menyajikan pengelihatan yang mengagumkan.
Para desainer bekerja dengan kurator yang menentukan isi
pameran, mengembangkan tema inti, dan merumuskan urutan keseluruhannya.
Desainer menterjemahkan visualisasi ide tersebut dan mengaturnya menjadi bentuk
tiga dimensi yang fungsional dan saling berkaitan dalam bentuk isyarat yang
tepat.
Desain Dalam Perdagangan
Lingkup dari
desain dalam perdagangan memiliki pertimbangan baik dalam segi praktis maupun
estetika yang menggabungkan keduanya untuk menciptakan suasana agar pembeli mau
membeli produk. Pada segi praktis, desain dalam lingkup perdagangan mengizinkan
para pembeli untuk melihat, dan menyentuh barang dagangan. Hal ini tentunya
memerlukan dibuatnya sebuah lingkungan yang menyerupai aspirasi pembeli, atau
lingkungan yang mencerminkan kondisi dimana barang dagangan akan digunakan.
Dengan kata lain, desain dalam perdagangan merupakan arti dari kualitas sebuah brand . Ketika pembeli telah menjadi
konsumtif, mereka akan lebih cenderung tertarik pada barang yang ditampilkan
secara baik, dan desain dalam perdagangan merupakan usaha lebih lanjut
untuk mengembangkan kebutuhan dan
permintaan seiring meningkatnya pembeli yang cerdas.
0 comments:
Posting Komentar