Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sabtu, 12 Oktober 2013

MENGENAL E-BUSINESS


Apa yang dimaksud E-Business ?

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai E-Business, kita lebih baik mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian E-Business, pada pembahasan kali ini saya akan mendefinisikan sedikit tentang apa yang dimaksud e-Business. E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

E-business adalah aktifitas bisnis dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Tidak hanya transaksi pembelian dan penjualan tetapi juga melingkupi keselurunan kegiatan dan fungsi dari perusahaan tersebut, seperti pertukaran informasi, komunikasi, kolaborasi, riset dan sebagainya. E-business bisa terjadi dalam berbagai bentuk tahapan tergantung dari tingkat pemamfaatan jaringan komputer dan Internet, dengan kata lain seberapa digital perusahaan tersebut. Kita dapat melihat dua sisi ekstrim, sisi pertama adalah perusahaan tradisional. Sisi kedua adalah perusahaan e-business murni di mana segalanya berbentuk elektronis, dari produk atau jasa yang ditawarkan, prosesnya sampai dengan pengirimannya.

Apa saja Konsep-konsep E-Business ?

Setelah mengetahui pengertian tentang E-Business, selanjutnya kita harus mengetahu konsep dari E-Business berdasarkan sudut pandang, konsep-konsep mengenai E-Business antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Komunikasi : mengirimkan barang, layanan, informasi, pembayaran menggunakan jaringan komputer atau alat elektronik lainnya.
  2. Komersial (perdagangan)    : menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk, layanan dan informasi pada Internet menggunakan layanan online lainnya.
  3. Proses bisnis : melakukan bisnis secara elektronik dengan melakukan proses bisnis melalui jaringan elektronik, dengan demikian mengganti proses bisnis yang biasanya dilakukan secara fisik.
  4. Layanan       : tool yang memenuhi keingingan pemerintah, perusahaan, pelanggan, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan dengan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan meningkatkan kecepatan pengiriman layanan.
  5. Belajar          : memungkinkan untuk melakuakn pelatihan dan pendidikan secara online di sekolah, universitas dan organisasi lain termasuk bisnis.
  6. Kolaborasi  : kerangka kerja untuk kolaborasi antar dan di dalam organisasi
  7. Komunitas  : menyediakan tempat berkumpul untuk anggota komunitas untuk belajar, transaksi dan kolaborasi.
Apa saja Tipe E-Business  ?

Apa saja tipe E-Business yang harus dipelajari, berikut ini adalah beberapa tipe-tipe E-Business :
  1. —Business-to-business (B2B) : Bisnis yang menjual produk atau menyediakan layanan untuk bisnis lain
  2. Business-to-consumer (B2C) : Bisnis yang menjual produk atau menyediakan layanan untuk pengguna terkahir
  3. Consumer-to-consumer (C2C) : Pengguna menjual langsung kepada pengguna lain
  4. Business-to-government (B2G) : Pemerintah membeli atau menyediakan barang, layanan atau informasi kepada/dari perusahaan
  5. Business-to-employee (B2E) : Informasi dan layanan disediakan untuk pegawai secara online
  6. Mobile Commerce (m-commerce) : Transaksi dan aktifitas E-Commerce dilakukan pada lingkungan wireless
  7. Collaborative commerce (c-commerce) : Individu atau grup berkomunikasi atau berkolaborasi secara online.
Apa saja Manfaat E-Business ?

Tujuan implementasi dari penggunaan e-Business adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data Sumber Daya Manusia, Keuangan, Supply Chain Management / Logistic Management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana komunikasi & informasi bagi publik dan stakeholder lainnya. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.

Manfaat implementasi e-Business adalah :
  1. Meningkatkan kinerja operasional perusahaan,
  2. Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan yang sangat luas,
  3. Meningkatkan efisiensi perusahaan,
  4. Mempermudah pengelolaan aset perusahaan
  5. Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan,
  6. Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder,
  7. Mengatasi kesenjangan digital,
  8. Media mempromosikan kompetensi perusahaan,
  9. Memperlancar kegiatan ekonomi,
  10. Memperlancar transaksi bisnis,
  11. Sarana penyebaran informasi secara luas.

Apa saja  Kelebihan dan Kekurangan e-Business ?

Bagi pihak konsumen, menggunakan E-Business dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat. Tidak ada lagi berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui E-Com biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional.

Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap. Selain itu, biasanya informasi tentang barang jualan tersedia secara lengkap, sehingga walaupun kita tidak membeli secara on-line, kita bisa mendapatkan banyak informasi penting yang diperlukan untuk memilih suatu produk yang akan dibeli

Di antara kelemahan e-business antara lain adalah rentan terhadap cybercrime, penipuan, dan yang dibutuhkan hanya sedbuah kepercayaan.

Sumber :

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments:

 
Tips Tricks And Tutorials