Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Kamis, 25 Juli 2013

Peluang Pasar Game di Indonesia


Dengan adanya banyak jenis game yang terus bermunculan di beberapa media online, serta dengan adanya kemajuan teknologi smartphone dan tablet membuat banyak publisher game terlihat berlomba-lomba untuk dapat membuat game terbaru untuk anak-anak serta generasi muda. Salah satunya adalah Indonesia yang dikenal mempunyai pangsa pasar yang tinggi untuk industri game saat ini.

Teknologi game sendiri masih mempunyai salah satu bentuk keunggulan industri kreatif dibandingkan dengan industri yang lain, dan beberapa perusahaan video games yang sudah terkenal seperti dari Jepang sudah menangkap peluang ini dari awal dengan beberapa console game yang sudah diproduksi mulai dari game Atari, Nintento, Super Nintendo, Playstation sampai dengan Gameboy.

Selain itu jika dilihat dari perkembangan teknologi game yang semakin maju juga tidak terlepas dari perkembangan teknologi hardware serta visual yang semakin berkembang. Jika dulu kita hanya mengenal beberapa jenis game tradisional seperti dari game tamagochi, atau game tentang hewan peliharaan yang dapat dirawat seperti layaknya hewan peliharaan sendiri, mungkin Anda juga mengenal beberapa jenis game yang masih dapat diingat dengan jelas seperti game Mario Bros, hal ini membuktikan bahwa industri game masih tetap dapat eksis sampai sekarang.

Beberapa industri game lain juga terlihat sudah mulai menyentuh dan berkolaborasi dengan industri film, dan beberapa bentuk jenis game yang sudah diangkat ke dalam bentuk versi film layar lebar juga terbukti dapat sukses di pasaran dunia. Seperti game Resident Evil, yaitu game tentang seorang wanita yang dapat membunuh ribuan zombie dengan rekan satu timnya, game ini telah mencapai penjualan yang cukup fantastis dengan alur cerita yang menarik.

Peluang dari bagusnya industri ini ditangkap oleh industri film untuk dapat diangkat ke layar lebar, hal ini yang membuat game Resident Evil dapat tampil di film layar lebar dengan cerita yang tidak jauh berbeda dari game yang sering dimainkan. Industri games sendiri telah tumbuh pesat dengan beberapa kemunculan beberapa console terbaru, selain itu dengan beberapa jenis smartphone serta teknologi terbaru membuat tampilan serta karakter game menjadi terlihat real, serta dengan dukungan beberapa animator yang terlihat makin banyak membuat beberapa cerita serta karakter game terbaru. 

Indonesia dilihat adalah satu satu negara dengan potensi pasar yang cukup tinggi untuk industri game, tetapi sayangnya peluang bagi developer game lokal untuk dapat menembus pasaran game juga masih terbatas, dan masih berada di tahap awal industri tersebut

Meski masih berada di tahap awal, tetapi peluang yang ada saat ini dengan banyaknya studio game lokal juga terlihat makin mendorong semangat dari para developer game lokal untuk dapat mengembangkan game smartphone dan tablet. Terlihat saat ini game ini berasal dari kreatifitas visual dan audionya. Indonesia dinilai memiliki potensi untuk memasuki industri dunia game. Meski masih di tahap awal, tetapi momentum yang ada saat ini dengan banyaknya studio game lokal dapat menambah semangat para developer Indonesia. Terlihat saat ini game itu berasal dari sesuatu yang masih perlu dapat dikembangkan dengan baik. Dan dengan adanya banyak studio game lokal, akan dapat semakin mendorong semangat developer Indonesia untuk dapat menciptakan game terbaik yang ada. Hal ini dapat membuat industri kreatif game di Indonesia menjadi semakin berkembang untuk dapat bersaing dengan industri games di luar negeri. 

Jika dilihat dari industri games yang terus bermunculan untuk saat ini, tidak hanya membutuhkan biaya yang besar, tetapi juga harus dapat dimanfaatkan dengan peluang yang tepat serta momentum yang tepat untuk dapat terus mengembangkan game satu ini dengan baik. Dan jika dilihat dari potensi pasar game, maka Indonesia masih mempunyai banyak potensi untuk dapat terus berkembang, tetapi masih terlihat membentuk diri untuk dapat masuk ke dalam industri kreatif ini yang mempunyai nilai jual tinggi.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments:

 
Tips Tricks And Tutorials